Meningkatkan Karakter dan Moral Naradidik di Era Postruth: Peran Strategis Gereja dalam Mendukung Pendidikan Kristiani

Munatar Kause, Rut Opyana Tutuban

Abstract


Christian religious education in schools plays a vital role in character building and spiritual values for learners to build a God-fearing young generation. However, amid increasingly advanced times, the challenges to maintain the quality of character and morals and religious education in schools are increasingly diverse. As a spiritual institution, the church has a strategic role in supporting this education. This study explores the church's role in supporting Christian religious education in schools in the contemporary era. Using a descriptive qualitative method, it can be concluded that the church provides trained human resources, both Christian religion teachers and spiritual mentors. Furthermore, the church is active in organizing spiritual activities that support the strengthening of students' faith outside of class hours. Finally, the church also plays a role in encouraging collaboration between parents, schools, and church communities to create a more holistic educational environment amidst the challenges of changing times.

 

 

Abstrak

Pendidikan agama Kristen di sekolah memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai spiritual bagi nara didik demi membangun generasi muda yang takut akan Tuhan. Namun, di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, tantangan untuk mempertahankan kualitas karakter dan moral serta pendidikan agama di sekolah semakin beragam. Gereja sebagai lembaga kerohanian memiliki peran strategis dalam mendukung pendidikan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang peran gereja dalam mendukung pendidikan agama Kristen di sekolah di era kontemporer. Menggunakan metode kualitatif deskritif maka dapat disimpulkan bahwa gereja berperan dalam menyediakan sumber daya manusia yang terlatih, baik dalam bentuk guru agama Kristen maupun pembimbing rohani. Selanjutnya  gereja aktif dalam penyelenggaraan kegiatan rohani yang mendukung penguatan iman siswa di luar jam pelajaran. Dan gterakhir bahwa gereja juga berperan dalam mendorong kolaborasi antara orang tua, sekolah, dan komunitas gereja untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih holistic  di tengah tantangan zaman yang terus berubah.

 

 


Keywords


Church Strategic; Christian Religious Education; Character; moral, Contemporary Era; Strategis Gereja; Pendidikan Agama Kristen; Karakter; moral; Era Kontemporer

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI 6, no. 2 (2021): 362–387.

Boiliu, Esti R. “Sumbangsih PAK Bagi Pertumbuhan Iman Dan Moral Kaum Muda Di Era Revolusi Industri 4.0.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 1 (2022): 58–74.

Budiyana, Hardi, and Yonatan Alex Arifianto. “Pelayanan Holistik Melalui Strategi Entrepreneurship Bagi Pertumbuhan Gereja Lokal.” Jurnal EFATA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 7, no. 2 (2021): 116–127.

Bulan, Susanti Embong, and Juli Santoso. “Aktualisasi Disiplin Rohani Pada Kepemimpinan Gereja Lewat Model Kepemimpinan J. Oswald Sender.” RERUM: Journal of Biblical Practice 2, no. 2 (2023): 149–165.

Darmawan, I Putu Ayub, John Mardin, and Urbanus Urbanus. “Pendidikan Dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 1, no. 1 (2023): 50.

Denney, Andrew S., and Richard Tewksbury. “How to Write a Literature Review.” Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218–234.

Dhandi, Gabriel, Yusak Tanasyah, and Sutrisno. “Tantangan Pendidikan Kristen Di Tengah Kehadiran Gereja Dan Solusinya Bagi Sekolah Menengah Atas.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 68–82.

Gidion, Gidion. “Karya Roh Kudus Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm).” Shift Key : Jurnal Teologi dan Pelayanan 7, no. 1 (2017).

Hana, Hana, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. “Kode Etik Dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 134–149.

Jatmiko, Bakhoh. “Optimalisasi Fungsi-Fungsi Jabatan Kepemimpinan Gerejawi Sebagai Salah Satu Perwujudan Pelayanan Yang Holistik.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 8, no. 2 (2019): 133–156.

Manuputty, Conny Zefanya Dasel, Hendrikus Dorebia, and Talizaro Tafonao. “Mentorship Gereja Dalam Membentuk Karakter Remaja Yang Religius Di Era Digitalisasi.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 1 (2024): 74–86.

Nainggolan, Anton. “Pendidikan Karakter Kristen Sebagai Upaya Mengembangkan Sikap Batin Peserta Didik.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 4, no. 2 (2021): 71–86.

Nguru, Desi Arisandi Laga, Indrilily Rambu Oru, and Munatar Kause. “Implementasi Pendidikan Karakter Kristen Di Era Digital.” PROSIDING PELITA BANGSA (2022).

Pello, S. Henderina A., Philipus Sunardi, and Junius Nayoan. “Peran Gereja Dalam Pembangunan Karakter Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Membangun Bangsa.” Prosiding Pelita Bangsa 1, no. 2 (2021): 156.

Rantesalu, Deastry Fani. “Pembentukan Karakter Remaja Dalam Gereja Dan Pendidikan Masa Modern.” IAKN Toraja (2021). http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/kfp9g.

Rondo, Pricylia, and Valentino Reykliv Mokalu. “Implementasi Psikologi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter.” DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 26–43.

Silalahi, Edu Arto. “Gereja Menjadi Mitra Pendidikan Kristen.” Jurnal Arrabona 2, no. 1 (2022): 18–40.

Simorangkir, Sri Lina Betty Lamsihar, and Yonatan Alex Arifianto. “Karakteristik Hidup Baru Dalam Kristus Berdasarkan Perspektif Efesus 4:17-32.” PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan 12, no. 1 (2021): 57–71. https://stapin.ac.id/e-journal/index.php/pneumatikos/article/view/51.

Stefi Kristian Rumere. “Manajemen Sumber Daya Manusia: Studi Analitis Terhadap Pengelolaan Sumber Daya Manusia Gereja Di Gkjw Jemaat Sidomulyo.” Universita Kristen Satya Wacana, Fakultas Teologi (2016): 24–37.

Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 1 (2020): 49–66.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R Dan D. Bandung: ALFABETA, 2012.

Taniady, Vicky. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 6, no. 1 (2022): 39–54.

The, Paw Liang Paw. “Misi Dan Spirit Wesleyan: Menuju Manusia Indonesia Unggul.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 3, no. 1 (2020): 27–42.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–143.

Ulfah, Maulidya. “Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga Pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 10.

Waruwu, Kharisda Mueleni, Daniel Supriyadi, and Yonatan Alex Arifianto. “Moralitas Raja Daud Melalui Doa Pengakuan Dosa Dalam Mazmur 51.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 4, no. 1 (2022): 133–145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika

Copyright © RHEMA, 2018-2020. All Rights Reserved.