Peran Mahasiswa Teologi dalam Melestarikan dan Mengaktualisasikan Ideologi Pancasila

Ayub Rusmanto, Imanuel Karunia, Kriskefas Kriskefas

Abstract


The role of theology students in Indonesian Christian communities in preserving Pancasila is essential amid the nation's multicultural life and the threat of national disintegration. What is the urgency of the role of theology students in preserving the ideology of Pancasila? Preserving the ideology of Pancasila is a manifestation and necessity of an active Indonesian society among the people. The active role of preserving the ideology of Pancasila is a must because Pancasila, as the basis of the State, has so far proven to be a unifier of the Indonesian nation. The method used in this research is to reveal and explain the qualitative analysis reported using a literature approach (library research). These articles intersect with the themes discussed and published in journals and the responses of students who have taken Pancasila and Citizenship courses at STT Iman Jakarta. This paper focuses on the role of theology students as Indonesian Christians in preserving the ideology of Pancasila. Pancasila, as the ideology and foundation of the Indonesian state, is realized, lived out, and implemented in everyday life as a spiritual principle, a way of life, and a guideline for life that continues to be maintained and fought for.

 

 

Abstrak

Peran mahasiswa teologi yang dibekali sebagai masyarakat Kristen Indonesia dalam melestarikan Pancasila merupakan suatu keharusan di tengah-tengah kehidupan bangsa yang multi kultural dan ancaman disintegrasi bangsa. Apa urgensinya pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bagi mahasiswa teologi dalam melestarikan ideologi Pancasila? Melestarikan ideologi Pancasila merupakan perwujudan dan keharusan sebagai masyarakat Indonesia yang aktif di tengah-tengah umat. Peran aktif melestarikan ideologi Pancasila suatu keharusan karena Pancasila sebagai dasar Negara hingga kini sudah terbukti sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini untuk mengungkapkan dan memaparkan analisis yang dilaporkan secara kualitatif deskripsi dangan pendekataan kepustakaan (library research), artikel yang bersinggungan dengan tema yang dibahas dan jurnal yang terpublikasi serta respons para mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan di STT Iman Jakarta. Tulisan ini berfokus peran mahasiswa teologi sebagai masyarakat Kristen Indonesia dalam melestarikan ideologi Pancasila. Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia yang diwujudkan, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai asas kerohanian, pandangan hidup, pedoman hidup yang terus dipelihara dan diperjuangkan.

 

 

 

Keywords


actualizing Pancasila; preserving Pancasila ideology; theological student; mahasiswa teologi; melestarikan ideologi Pancasila; mengaktualisasikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Asatawa, I Putu Ari. “Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara” (2017).

Asmaroini, Ambiro Puji. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi.” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 4, no. 2 (2016): 440–450.

Elizabeth, Vivi. “Makna Keterbukaan Dan Implementasi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka.” Perspektif Hukum 22 No. 1 (2022): 80–109.

Elly M. Setiadi, Dra., M.Si. Panduan Kuliah Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Ketiga, 20. Jakarta: PT Gramedia Pustka Utama, 2007.

H, Susanto. Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 2020.

Hidayah, Yayuk. “Reorientasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Sekolah Dasar Dalam Wacana Kewarganegaraan Smart and Good Citizen.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2, no. 1 (2020): 27.

Huda, Muhammad Chairul. “Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara: Implemetasi Nilai-Nilai Keseimbangan Dalam Upaya Pembangunan Hukum Di Indonesia.” Resolusi: Jurnal Sosial Politik 1, no. 1 (2018): 78–99.

Muslimin, Husein. “Tantangan Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara Pasca Reformasi.” Jurnal Cakrawala Hukum 7, no. 1 (2016): 30–38.

Nurhayati, Iin Indriani, and Sri Utaminingsih. “Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dalam Mencegah Radikalisme Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitan & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (SENANTIAS 2020) 1, no. 1 (2020): 337–346.

Nurhayati, N, I Indriani, and ... “Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dalam Mencegah Radikalisme Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri ….” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitan & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (SENANTIAS 2020) 1, no. 1 (2021): 337–346.

Pantan, Frans. “Pendidikan Yang Membebaskan: Sadar Akan Pluralitas Dalam Pendidikan Kristiani Di Era Posmodern.” Kurios 8, no. 1 (2022): 31.

Panuntun, Daniel Fajar, and Eunike Paramita. “Hubungan Pembelajaran Alkitab Terhadap Nilai-Nilai Hidup Berbangsa Dalam Pemuridan Kontekstual (Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual).” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 1, no. 2 (2019).

Pusat, BP7. “Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara, Jakarta,” (1992).

Sugawara, Etsuko, and Hiroshi Nikaido. “Properties of AdeABC and AdeIJK Efflux Systems of Acinetobacter Baumannii Compared with Those of the AcrAB-TolC System of Escherichia Coli.” Antimicrobial Agents and Chemotherapy 58, no. 12 (2014): 7250–7257.

Tenny, Tenny, and Yonatan Alex Arifianto. “Aktualisasi Misi Dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Era Disrupsi.” Didache: Journal of Christian Education (2021).

Triposa, Reni, and Yonatan Alex Arifianto. “Strategi Guru PAK Dalam Membangun Pancasila Sebagai Paradigma Integrasi Bangsa Terhadap Peserta Didik Di Era Milenial.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 165–179.

Widianing, Oda Judithia. “Pendidikan Kristen Di Sekolah: Sebuah Tugas Ilahi Dalam Memuridkan Jiwa.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018): 78–89.

Zaluchu, Sonny Eli. “Model Pendidikan Nasionalis-Religius Yahudi, Dan Refleksinya Dalam Pendidikan Teologi Di Indonesia.” Kurios 7, no. 2 (2021): 232.

“Yewangoe, Andreas A. Umat Kristen Indonesia Dan Pancasila, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021, Email: Publishing@bpkgm.Com, Website: Http.Bpkgunungmulia.Com, ISBN 978-602-231-914-6” (n.d.).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika

Copyright © RHEMA, 2018-2020. All Rights Reserved.