Peran Wali Kelas sebagai Konselor dalam Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Robertho Nickho Sandrio Halitopo

Abstract


tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjawab masalah-masalah di sekolah dasar yang tidak memiliki guru di bidang bimbingan dan konseling, serta tidak mempunyai fasilitas dan kurang kemampuan guru dalam konseling yang ada di sekolah dasar. Itu sebabnya tujuan penulisan ini bertujuan menjawab isu dengan mengangkat peran dari seorang wali kelas yang bisa menjadi konselor bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Artikel ini menyanggah isu tersebut dengan penelitian. Metode yang dipakai dalam penulisan artikel mengenai peran wali kelas sebagai konselor bimbingan dan konseling di sekolah dasar dengan metode kualitatif deskriptis dengan melakukan pendekatan dengan literature atau yang biasanya dikena dengan kepustakaan, mengapa dikatakan kepustakaan karena sumber-sumber yang di ambil dan dipakai berasal dari buku, artikel jurnal, dokumen dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari peran wali kelas sebagai konselor bimbingan dan konseling yang dikulas dalam pembahasan dalam artikel ini.


Keywords


Konselor Bimbingan dan Konseling, Sekolah Dasar, Wali Kelas.

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Konseling Sebagai Kepedulian Pastoral Berbasis Cinta Kasih Terhadap Penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Jurnal Teruna Bhakti 6, no. 2 (2024): 222–232.

Asih, Dwi, Nur Lestari, Haedar Akib, and M Nasrullah. “Peran Wali Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoransmkn 5 Soppeng” (2018): 1–8.

Atmaja, Surya Dharma, Edi Harapan, and NurLela NurLela. “Implementasi Peran Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Smk Negeri 1 Benakat.” Jurnal Wahana Konseling 2, no. 2 (2019): 125.

Betu, Meliani Konda, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Misi Kristen: Upaya Aktualisasi Amanat Agung.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 5, no. 1 (2022): 61–70.

Camelia, Ella. “Antar Siswa Di Madrasah Ibtida ’ Iyah Aswaja Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Konflik Antar Siswa Di Madrasah Ibtida ’ Iyah Aswaja” (2023).

Darna, Nana, Elin Herlina, Dosen Tetap, Program Studi, Manajemen Fakultas, Ekonomi Universitas, and Galuh Ciamis. “Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen” 5, no. April (2018): 287–292.

Dyah Pravitasari, Resti Septikasari. “Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Mengatasi Problem Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Elementary School 1, no. 1 (2022): 45–57.

Ginting, Rafael Lisinus. “Implementasi Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar.” Js (Jurnal Sekolah) 4, no. 3 (2020): 286.

Hayati, Fitri. “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur” 5 (2021): 1809–1815.

Hayati, Zikra. “Pendidikan Sekolah Dasar Dan Peningkatan SDM Yang Berkualitas.” Primary Education Journal (Pej) 2, no. 1 (2018): 66–71.

Kurniawan, Machful Indra. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2015): 41–49.

Latipah Aini. “PENDIDIKANSEKOLAHDASAR,” 2022.

Lidia, Lidia, Mansur Mansur, and Ricka Tesi Muskania. “Strategi Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (2018): 124–128.

Marzuki, Ismail. “Optimalisasi Peran Guru Kelas Sebagai Konselor Siswa Di Sekolah Dasar.” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education) 1, no. 1 (2017): 37.

Maswan. “Konstelasi Pendidikan Dasar Dan Urgensinya Dalam Pembentukan Generasi Penerus Bangsa.” Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi (2017): 1–14. http://mpdikdas.unja.ac.id/index.php/2017/04/12/prosiding-konstelasi-pendidikan-dasar-dan-urgensinya-dalam-pembentukan-generasi-penerus-bangsa/.

Rahayu, Rizqi Rahayu. “PERAN GURU PAI, WALI KELAS DAN KONSELOR BK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian Di SMP Darul Hikam Bandung).” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 4, no. 1 (2019).

Ruslan. “Peran Wali Kelas Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Ma Al-Islamiyah Pui Jakarta.” Repository.Uinjkt.Ac.Id (2016): 25. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33384.

Sinta Dwi Gusti, Zubaidah, Heni Putri Rahayu, Lini Susanti, and Siska Marsela. “Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Masalah Individu Siswa Kelas Va Sd Negeri 24 Kota Bengkulu.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 3 (2023): 1705–1713.

SMKN 59 JAKARTA. “Informasi Wali Kelas Peserta Didik Tahun 2023 - 2024.” Jakarta: SMKN 59 JAKARTA, 2024. https://www.smkn59jkt.sch.id/.

Sumantri, Mulyani, and Udin Syaefudin Sa’ud. “Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Prosiding: Indonesia Dalam Arus Sejarah VIII, no. 021 (2003): 1–39.

Taufiq, Agus. “Hakikat Pendidikan Di Sekolah Dasar” (n.d.): 1–37.

Vianda, Debi. “Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Formal.” Current topics in microbiology and immunology 284 (2019): 99–119. https://lib.unnes.ac.id/17153/1/1201408017.pdf.

Yuhelmi. Peranan Wali Kelas Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010.

Zahara, Mustika. “Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran.” Intelektualita 3, no. 1 (2015): 65–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika

Copyright © RHEMA, 2018-2020. All Rights Reserved.