Peran Guru dalam Mewujudkan Sekolah Kejujuran: Perspektif Pendidikan Kristiani dalam Mengatasi Budaya Ketidakjujuran

Desi Arisandi Laga Nguru, Yafati Hulu

Abstract


Education in schools continues to aim to develop student's academic knowledge and form good character. However, in recent years, the culture of dishonesty, such as cheating, plagiarism, and lying, has become increasingly prevalent among students. This is a big challenge in the world of education, especially in schools that prioritize moral and ethical values. Christian education, with its strong moral teachings on honesty, is important in addressing this issue. Therefore, the purpose of this study is to realize a school with a culture of honesty, with the perspective of Christian education as a foundation for overcoming the culture of dishonesty among students.  Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that Christian education and the Values of Honesty as a Moral Foundation in Education, thus leading to the role and actualization of the Teacher As a Role Model. then followed up with strategies and Practical Approaches to Overcoming the Dishonesty Culture among Students. It is an important part of Christian education that can be an effective solution to overcome the culture of dishonesty in schools.


Abstrak

Pendidikan di sekolah yang terus dinyatakan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan akademik siswa, tetapi juga membentuk karakter yang baik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, budaya ketidakjujuran, seperti mencontek, plagiarisme, kebohongan, semakin marak di kalangan siswa. Hal ini menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan, terutama di sekolah-sekolah yang mengedepankan nilai-nilai moral dan etika. Pendidikan Kristen, dengan ajaran moral yang kuat mengenai kejujuran, memiliki peran penting dalam mengatasi masalah ini. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mewujudkan sekolah berbudaya kejujuran, dengan perspektif pendidikan Kristen sebagai landasan dalam mengatasi budaya ketidakjujuran di kalangan siswa. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengen pendekatan studi literature maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan Kristen dan Nilai-Nilai Kejujuran: sebagai landasan moral dalam pendidikan, sehingga membawa kepada peran dan aktualisasi guru dalam menjadi teladan. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi dan pendekatan praktis dalam mengatasi budaya ketidakjujuran di kalangan siswa. Dan hal itu merupakan bagian penting dari pendidikan Kristen yang dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi budaya ketidakjujuran di sekolah.




Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amiruddin. “Kejujuran Sebagai Nilai Penting Dalam Pendidikan Anti Korupsi Bagi Mahasiswa.” Universal Grace Journal 1, no. 2 (2023): 173–83.

Agata, Bulanda, Mariani Barus, and Yonatan Alex Arifianto. “Pendidikan Kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 115–28. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.150.

Ali, Agus. “Pendidikan Akhlak Dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia.” HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5310.

Andri Politon, Ventje. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Menghadapi Ujian Semester.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 58–72. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.103.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17. https://doi.org/10.54170/harati.v1i1.23.

Dewi, Tri Ratna, Miftahur Rohmah, and Rely Kurniawan. “Kantin Kejujuran Sebagai Sarana Penanaman Sifat Jujur Pada Peserta Didik Di Sekolah Tingkat Dasar.” MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3, no. 1 (2020): 44–52. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1839.

Elieser R Marampa. “Peran Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (June 2021): 100.

Ester, Berlian Haan, and Alex Arifianto Yonatan. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini.” Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2022): 15–26.

Fitria, Yuli. “Perilaku Menyontek: Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Ketidakjujuran Akademik.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 7, no. 1 (2019): 1–12. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7833.

Hana, Hana, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. “Kode Etik Dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 134–49. https://doi.org/10.46305/im.v3i2.132.

Helwend, Yunike, and Korneles Tuamain. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 2 (2023): 42–47. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i2.1723.

Hendriana, Evinna Cinda, and Arnold Jacobus. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, no. 2 (2017): 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262.

Laia, Martinus. “Analisis Model Pengajaran Tuhan Yesus Berdasarkan Matius 5:13-16: Teladan Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 3 (2022): 533–42. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.731.

Lase, Evasari Kristiani, and Friska Juliana Purba. “Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen: Sebuah Kajian Epistemologi.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 4, no. 2 (2020): 149–66. https://doi.org/10.37368/ja.v4i2.145.

Lusiane, Luthfi, and Garvin. “Tekanan Orangtua, Perfeksionisme, Dan Ketidakjujuran Akademik Pada Pelajar Di Jakarta.” Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET 9, no. 01 (2019): 60–77. https://doi.org/10.35814/mindset.v9i01.726.

Maharani, Ernauli Marbun, Lisdayani Simamora, Lydia Nivea I. P. Silaban, Marice Simamora, and Maria Widiastuti. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 1, no. 4 (2016): 1–23.

Nainggolan, Imayanti, Talizaro Tafonao, Agiana Her Visnhu Ditakristi, and Yunardi Kristian Zega. “Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 2022. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i2.14.

Ohoitimur, Hendrica Henny. “Pendidikan Dalam Keluarga: Nilai Kejujuran Sebagai Model Pendidikan Dari Orang Tua Berbasis Perjanjian Lama.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 2 (2022): 498–508.

Qudsyi, Hazhira, Achmad Sholeh, and Nyda Afsari. “Upaya Untuk Mengurangi Ketidakjujuran Akademik Pada Mahasiswa Melalui Peer Education.” Jurnal Integeritas KPK, 2018. https://doi.org/10.32697/integritas.v4i1.168.

Rantesalu, Marsi Bombongan. “Karakter Kejujuran Dalam Gereja Masa Kini.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2020. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.475.

Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 101–12. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.152.

Sihombing, Luhut. “Pendidikan Dan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Christian Humaniora 4, no. 1 (2020): 104–12. https://doi.org/10.46965/jch.v4i1.159.

Sugita, I Wayan. “Pendidikan Budaya Dan Karakter.” Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 5, no. 2 (2018). https://doi.org/10.25078/gw.v5i2.641.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala, and Maria Taliwuna. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 214–31.

Viani, Neni, and Yonatan Alex Arifianto. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 1–13.

Wenas, Maria Lidya, Elsi Susanti Br Simamora, Maharin Maharin, Joni Apri Candra, and Rifka Priskila. “Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 1–10.

Zega, Panenta Nenta, and Yuli Christiana Yoedo. “Peran Wali Kelas Dalam Membina Karakter Kristiani Murid.” Aletheia Christian Educators Journal 3, no. 2 (2022): 89–95. https://doi.org/10.9744/aletheia.3.2.89-95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika

Copyright © RHEMA, 2018-2020. All Rights Reserved.